Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaannya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaannya- merupakan Sholat sunat yang dikerjakan pada waktu malam setelah bangun tidur. Sebagaimana Firmn Alloh Surat Al-Isro' ayat 79.


Dari ayat tersebut kita dapat fahami bahwa sholat tahajud itu hanya bisa dilakukan pada malam hari saja, tepatnya selepas sholat isya sampai sebelum waktu subuh. Tapi untuk pelaksaanan sholat tersebut harus ada sarat terlebih dahulu, yaitu harus didahului dengan tidur malam walaupun hanya sebentar sahaja, adalah supaya membedakan dengan sholat sunat lainnya. Memang secara umum sholat tersebut dinamakan sholat lail/qiyamullail tapi tidak setiap qiyqmullail itu sholat tahajud. Jadi jika anda melaksanakan sholat sunat akan tetapi tidak didahului dengan tidur maka itu adalah sholat sunat Qiyamullail,yang jadi pembeda ntara tahajud dan Qiyamullail adalah sebelum solat tersebut, apakah tidur dulu atau tidak.


Adapun untuk jumlah roka'atnya paling sedikit adalah dua rokaat, dan banyaknya tiada terbatas. Dan masing-masing pada setiap dua roka'at dibarengi dengan salam, begitulah seterusnya. Dan bagi orang yang telah terbiasa melakuknnya dimakruhkan untuk meninggalkannya, kecuali bila keadaan darurat, karena saking besarnya fadilah solat tersebut.

Adapun Tata Cara Sholat Tahajud Sebagai Berikut :
Berniat Sholat Tahajjud dengan mengawali bacaan berikut
Lalu bertakbir kemudian setelah bacaan fatihah, seperti sholat fardu saja dalam pelaksanaanya yaitu membaca surat atau sebahagian surat daripada Al-Qur'an, tapi yang lebih utama adalah satu surat penuh.

mungkin itulah yang dapat saya sampaikan tentang tata cara sholat tahajjud, semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa melaksanakannya. Aamiin.
Advertisement