Tata Cara Dan Niat Berwudhu

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Tata Cara Dan Niat Berwudhu -wudhu merupakan salah satu syarat bagi syahnya ibadah sholat.Tidak syah sholat jikalau tidak suci dari hadast, baik hadas kecil maupun hadast besar.Dan wudhu tidak akan syah jikalau tanpa berniat. Jadi artikel kali ini saya akan membahas tentang Niat Berwudhu supaya ibadah kita menjadi syah dan tidak sia sia.

Penting sekali manusia memperhatikan wudunya, karna percuma saja cape cape melaksanakan ibadah sholat tapi wudhunya tidak syah sungguh perbuatan yang tidak ada gunanya, dan Alloh tidak akan menerima orang yang sholat jikalau orang tersebut ada dalam keadaan tidak suci dari hadast.


Berwudhu ini adalah wajib dilaksanakan. setiap orang muslim baik laki-laki maupun perempuan yangakan mengerjakan sholat, karena wudhu ini adalah merupakan syarat sahnya shalat. Disamping wudhu, kita juga perlu memperhatikan hal-hal yang wajib dalam wudhu, sunnah-sunnah dalam wudhu, hal-hal yang makruh dalam wudhu dan hal-hal yang membatalkan wudhu.bagaimana tata cara wudhu, apa saja bacaan atau doa sebelum wudhu dan doa sesudah wudhu.

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang tata cara wudhu berserta doa berwudhu baik sebelum dan doa sesudah wudhu. Adapun tata cara dan urutan mengerjakan wudhu adalah sebagai berikut :

 Membacakalimat :
1. basmallah yaitu Bismillahirrohmanirrohim sambil mencuci kedua belah tangan sampai dengan pergelangan tangan hingga bersih. 
2.berkumur-kumur tiga kali sambil membersihkan gigi.
3. mencuci lubang hidung tiga kali Setelah mencuci lubang hidung, 
4.mencuci muka tiga kali mulai dari tempat dimana tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu dan dari telinga kanan ke telinga kiri sambil membaca doa niat wudhu yaitu sebagaiberikut :

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀَ ﻟِﺮَﻓْﻌِﻞْ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ ﺍﻟْﺎَﺻْﻐَﺮِ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟِﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎ ﻟَﻰ

Nawaitul wudluu-a liraf’il hadatsil ashghari fardlan lillaahi ta’aala.

Artinya : Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah.

5. mencuci kedua belah tangan hingga sampai pada siku-siku tangan dalam tiga kali.
6. menyapu sebagian rambut kepala tiga kali.
7. menyapu kedua belah telinga tiga kali.Dan
8. mencuci kedua belah kaki tiga kali dari/sampai mata kaki.

Itulah rangkaian urutan cara wudhu.Dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan urutan tata cara wudhu diatas, wajib dikerjakan dengan berturut-turut yang artinya yang harus dahulu maka didahulukan dan yang harus akhir maka di akhirkan seperti urutan tata cara wudhu di atas]

Berikut ini adalah gambar-gambar ilustrasi tata cara wudhu yang sudahruntut/berurutan.




Setelah urutan tata cara di atas selesai, maka di akhiri dengan membaca bacaan doa setelah wudhu yaitu sebagai berikut :

ﺍَﺷْﻬَﺪُ ﺍَﻥْ ﻟَﺎﺍِﻟﻪ ﺍﻟّﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ﻭﺍﺷﻬﺪ ﺍﻥ ﻣﺤﻤّﺪ ﻋﺒﺪﻩ ﻭﺭﺳﻮﻝ . ﺍﻟﻠّﻬﻢّ ﺍﺟﻌﻠﻨﻰ ﻣﻦ ﺍﻟﺘّﻮّﺍﺑﻴﻦ ﻭﺍﺟﻌﻠﻨﻰ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺘﻄﻬّﺮﻳﻦ ﻭﺍﺟﻌﻠﻨﻰ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﻙ ﺍﻟﺼّﺎﻟﺤﻴﻦ

Asy-hadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalahu wa asy-hadu anna Muhammad ‘abduhu wara-suuluhu. Allaahummaj ‘alnii minat tawwaabiina, waj ‘alnii minal mutathahhiriina waj ‘alni min
‘ibadikash shaalihina.

Artinya : Aku bersaksi tiada tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah orang yang ahli tobat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang sholeh.

Semoga bermanfaat untuk kita semua Amiiin
Baca Juga : Tata cara sholat istihoroh, niat tayamum dan niat puasa asyuro
Advertisement