Niat Tayamum Arab Dan Latinnya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Niat Tayamum Arab Dan Latinnya- Tayamum ialah merupakan cara bersuci dari hadast baik hadast kecil maupun hadas besar dengan menggunakan tanah. cara bersuci ini merupakan cara bersuci yang harus dilakukan ketika ada beberapa sebab yang membolehkan atau bahkan mewajibkan untuk mengerjakannya.dan tayamum ini kegunaanya hanya bisa untuk satu kali sholat pardu saja.sedangkan untuk sholat sunat seperti sholat duha boleh saja walaupun beberapa kali.

Diantara sebab sebab yang membolehkan tayamum itu ada beberapa hal diantaranya :
1.Tidak adanya air
2.Sebab sakit
3.Ada air, tapi saking butuhnya untuk hewan ternak yang dimuliakan oleh syara.

golongan golongan yang tidak dimuliakan oleh syara jumlahnya ada enam :
1. Orang yang selaalu meninggalkan Sholat
2. Orang yang berzina muhshon (Orang yang sudah menikah tapi melakukan zina)
3. Orang yang murtad
4. Kafir yang memusuhi Islam
5. Anjing bengis
6. Babi




Ayat yang menjelaskan tentang Tayamum :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Maidah: 6)

Turunnya Ayat Tayamum

Berita dari 'Aisyah, istri Nabi saw, katanya: "Kami pergi bersama Rasulullah dalam suatu perjalanan. Ketika sampai di Baidak, atau Dzatul Jisy, kalungku putus. Rasulullah saw, berhenti mencari kalungku itu dan rombongan pun berhenti pula bersama beliau. Di tempat itu tidak ada air. Beberapa orang pergi kepada Abu Bakar mengatakan, "Tidakkah anda lihat apa yang diperbuat 'Aisyah? Dia memaksa Rasulullah saw dan rombongan berhenti ditempat yang tidak berair, padahal mereka tidak pula membawa air."
Maka datanglah Abu Bakar (ayah 'Aisyah) kepada 'Aisyah. Ketika itu Rasulullah saw sedang tidur dengan kepala beliau terletak di atas paha 'Aisyah
Kata Abu Bakar, "Engkau menahan Rasulullah saw dan rombongan di tempat yang tidak berair padahal mereka tidak mebawa air."
Kata 'Aisyah, "Aku dimarahi oleh ayahku (Abu Bakar), dan berbagailah ucapannya kepadaku, sehingga ditusuknya pinggangku dengan tangannya, tapi untunglah aku tidak bergerak karena Rasulullah saw sedang tidur di pahaku."
Rasulullah saw, bangun tatkala hari telah pagi dan justru air tidak ada. Maka diturunkan Allah ayat tayammum (Kalau kamu tidak memperoleh air, tayammumlah kamu dengan tanah yang bersih, sapulah muka dan tanganmu dengan tanah itu - Al Maidah: 6). Lalu mereka tayammum.
Berkata Usaid binHudair, "Bukankah itu keberkatanmu yang pertama, hai keuarga Abu Bakar?" 1)
Kata 'Aisyah pula, "Setelah itu kusuruh berdiri unta tungganganku, maka kedapatanlah kalungku di bawahnya."









Artinya : Aku bersahaja tayamum untuk dapat bisa melaksanakan sholat fardu karena Alloh.

Mungkin itu saja artikel yang dapat saya tulis tentang bacaan Niat Tayamum, semoga saja ini bermanfaat, dan saya mohon maaf bila ada kekurangan. wassalamua'laikum warohmatullohi Wabarokatuh. 


Advertisement